Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.196Keywords:
Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar, pendidikanAbstract
Pendidikan merupakan bagian dari kebutuhan hidup setiap manusia untuk meningkatkan kualitas dan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMK Korpri Bekasi. Untuk memperoleh data digunakan metode survei dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Korpri Bekasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Korpri Bekasi. Dengan nilai t hitung > t tabel atau 4,391 ˃ 1,725 dengan nilai signifikan 0, 000 <0,05. Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khususnya terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ervinna Rosalina, Muharam Yamlean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.