Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Ervinna Rosalina Universita Panca Sakti Bekasi
  • Muharam Yamlean Universita Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.196

Keywords:

Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar, pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari kebutuhan hidup setiap manusia untuk meningkatkan kualitas dan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMK Korpri Bekasi. Untuk memperoleh data digunakan metode survei dan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Korpri Bekasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Korpri Bekasi. Dengan nilai t hitung > t tabel atau 4,391 ˃ 1,725 dengan nilai signifikan 0, 000 <0,05. Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khususnya terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Rosalina , E. ., & Yamlean, M. . (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(9), 1.002 – 1.011. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.196