Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende

Authors

  • Bartholy Antony Surya Lengo Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) St.Ursula Ende

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i4.77

Keywords:

kinerja, pelayanan publik, administrasi kependudukan

Abstract

Kajian tentang kinerja pelayanan publik saat ini sangat penting dibuat sebagai dasar bagi perumusan kebijakan tentang pengembangan kinerja birokrasi. Oleh karena itu, penilaian kinerja pelayanan publik hendaknya dilakukan secara komperehensif dengan menggunakan indikator yang melekat pada pemberi layanan publik dan juga dari indikator yang melekat pada pengguna jasa layanan publik. Penelitian bertujuan untuk mengukur kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Rewarangga yang ditinjau dari indikator yang melekat pada pemberi layanan publik, dan juga dari indikator yang melekat pada pengguna jasa layanan publik. Ada pun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Ditinjau dari indikator produktivitas, proses perekaman data kependudukan ke database kelurahan telah mencapai 90% dan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan dilakukan secara cepat dengan menggunakan KelimutuBox dan gratis. Masyarakat juga menilai sikap aparatur kelurahan ramah, sopan, sigap dan adil dalam proses pelayanan. Ditinjau dari Indikator Responsivitas, Sistem Informasi kependudukan dan KelimutuBox merupakan respon Pemerintah Kelurahan Rewarangga yang lahir dari penjaringan dan analisis kebutuhan masyarakat. Ditinjau dari indikator Responsibilitas, Pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Rewarangga telah dilakukan sesuai dengan kebijakan organisasi. Dan ditinjau dari indikator akuntabilitas. Penyampaian pelaksanaan pemerintahan dalam bentuk LAKIP, LPPD, ke kecamatan tepat waktu. Laporan kegiatan pengelolaan SIK juga dapat diakses oleh publik dan dapat dipertanggung jawabkan kepada publik baik dalam bentuk lisan maupun tertulis.

Downloads

Published

2021-04-20

How to Cite

Lengo, B. A. S. (2021). Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(4), 322–331. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i4.77

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.