Strategi Pendidikan dan Pelatihan dalam Rangka Pengembangan Pegawai di Kementerian Sosial RI

Authors

  • Inezentia Wahyusari Universitas Krisnadwipayana, Indonesia
  • R. Mita Resmi Husara Universitas Krisnadwipayana, Indonesia
  • Hannyfah Muthiah Hapsari Universitas Krisnadwipayana, Indonesia
  • Budi Supriyatno Universitas Krisnadwipayana, Indonesia
  • Azis Hakim Universitas Krisnadwipayana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32101

Keywords:

Strategi, Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan Pegawai

Abstract

Penilaian kinerja menjadi landasan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan SDM, dimana aktivitas pelatihan diselenggarakan berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan. Program pendidikan dan pelatihan memiliki sasaran utama yakni membuka peluang bagi pegawai untuk memperkuat kompetensi serta keahlian mereka, khususnya terkait aspek kepemimpinan dan kemampuan manajerial yang dibutuhkan guna mewujudkan tujuan organisasi. Kegiatan pengembangan SDM merupakan serangkaian usaha peningkatan kapabilitas melalui perencanaan pendidikan, pelatihan serta pengelolaan SDM yang tepat agar memperoleh capaian optimal sesuai tujuan organisasi. Pembahasan tulisan ini berfokus pada analisis strategi pendidikanl dan pelatihanl dalam rangkal pengembangan pegawail yang diterapkan di Kementerian Sosial RI. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi strategi pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengembangan pegawai di Kementerianl Sosial lRI. Penelitianl ini mengaplikasikan metodel penelitian kualitatifl yang menghasilkan datal bersifat deskriptif melalui observasi tulisan, ucapan, serta perilaku subjek yang diamati. Tahapan analisis data penelitian berbasis studi literatur mencakup rangkaian aktivitas yangl berhubungan denganl metode pengumpulanl data kepustakaan, proses lpembacaan, pencatatan, danl pengolahan bahanl penelitian. Upaya pengembangan SDM bisa diwujudkan melalui berbagai strategi, salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan. Program pelatihan merupakan kegiatan pendidikan berjangka singkat yang menerapkan prosedur terstruktur dan tersistem, dimana tiap pegawai dibekali pemahaman dan keahlian teknikal guna mencapai tujuan spesifik yang telah ditetapkan

References

Chaerudin, A., Rani, I. H., & Alicia, V. (2020). Sumber daya manusia: pilar utama kegiatan operasional organisasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ilhami, S. D., Raymond, R., Sukma, M., Dewi, P., Rahayu, A. H., Solehudin, S., Hairudin, A., Ghozali, Z., Hasan, L., & Ningsih, D. A. W. S. (2024). Manajemen Kinerja. CV. Gita Lentera.

Nasution, F. H. (2022). Manajemen Mutu Berbasis Pesantren Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Berkarakter, Studi Di Pondok Pesantren Tahfidz Wal Lughoh Ruhul Qur’an Kota Batam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sonya Sidjabat, S. E. (2021). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Unggul. Penerbit Lindan Bestari.

Yuliyati, E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management di SMK Muhammadiyah Prambanan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 24–35.

R.T, Crow and C.A. Odewahn. (1987). Management for Human Service.Published by: Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. P.28-29.

N. Gemmell., R. Kneller and I. Sanz. The Timing and Persistence on Growth: Evidence from OECD Countries. Economic Journal 121 (550): P.33-58. 2011.

Edwin B. Flippo, Principles of Personnel Management, Mc graw-hill, the university of Calofornia. Digitized may 17, 2008. ISBN: 007021316x. 9780070213166..

Sikula, Andrew E. Personnel Administration and Human Resource Management. Published by John Wiley 7 Sons. Inc. 2000.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Budi Supriyatno (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, CV Media Brilian.

Faustino Cardoso Gomes (1997: Human Resource Management, Second Edition, Singapore, McGraw- Hill Book.

Budi Supriyatno (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, CV Media Brilian.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian pada pasal 31 mengatur tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil pasal 2 dan 3.

Paul Hersey and Kenneth H. Blanchard. Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. Published by Prentice Hall; 6th edition edition (30 Dec 1992).1992. P.5

Amstrong, Michael. A Handbook of Human Resource Management, 10Th Edition, Published by Kogan Page Llimited Practice. 120 Pentonville Road, London. 1977.

MCLagan, P.A., and Suhadolnik, D. Model is HRD Practice: The reseaech. Alexandria. American Society for Training Development.1999.

Randy L. DeSimone, John L. Warner, and David M. Harris. Human Resource Development. Third edition (Book Review) Fort Word. TX: Harcourt.2002.

Jim Stewart and Jim McGoldrick : Human Resource Development : Perspectives, Strategies and Practice. Pitman Publishing.1996.

George Milkovich and John Boudreau. Human Resource Management, 8Th Edition, Published by McGraw Hill Education

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

Wahyusari, I., Resmi Husara, R. M., Muthiah Hapsari, H., Supriyatno, B., & Hakim, A. (2025). Strategi Pendidikan dan Pelatihan dalam Rangka Pengembangan Pegawai di Kementerian Sosial RI. Jurnal Sosial Dan Sains, 5(3), 670–683. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v5i3.32101

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.